Basic Styling Photography Using Smartphone Camera with Dyah Safitri

Sabtu, 11 November 2017 kemarin menjadi weekend yang sedikit berbeda dari biasanya. Pagi-pagi sekitar pukul 09.00, para committee Perempuan Punya Karya sudah tiba di Chanis Rooftop, Swiss Bell Hotel, Yogyakarta. Hari itu, Perempuan Punya Karya kembali mengadakan sesi workshop yang ditujukan untuk para perempuan di Yogyakarta. Kali ini, Perempuan Punya Karya mengajak Dyah Safitri Yuniar, M.Sn. sebagai pengisi kelas Basic Styling Photography Using Smartphone Camera.

Workshop yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini dibuka oleh CEO Perempuan Punya Karya, Ewindhasari. Berbeda dari event sebelumnya, kali ini Ewindha memandu acara ditemani oleh suami. Pasangan ini berhasil membuka acara dengan lebih hidup. Peserta tampak antusias dan penuh semangat. Tak perlu berlama-lama, setelah selesai mengenalkan semua committe Perempuan Punya Karya acara pun dilanjutkan dengan sesi materi yang diisi oleh Dyah Safitri.

Dyah Safitri sedang menjelaskan tentang styling dan background dalam fotografi

Dyah Safitri Yuniar atau yang lebih dikenal sebagai @dysavitri di Instagram adalah seorang dosen sekaligus praktisi fotografi. Melalui akun media sosial berbasis gambar tersebut Dyah mulai dikenal orang dengan hasil jepretannya yang aesthetic. Hal itu akhirnya mengantarkan Dyah menjadi speaker untuk kelas-kelas basic photography. Dear yang ingin lebih mengenal dekat sosok Dyah Safitri bisa membaca ceritanya tentang passion dan fotografi pada artikel di sini.

Bukan Perempuan Punya Karya kalau tidak menghadirkan sesuatu yang baru dan memberi journey berbeda pada peserta workshopnya. Pada sesi workshop Basic Styling Photography Using Smartphone Camera kemarin peserta juga diajak praktik memotret beberapa obyek foto dan hasilnya diikutkan dalam kompetisi. Tetapi sebelum sesi praktik dimulai peserta diajak untuk bernetworking agar workshop ini tidak hanya memberi insight baru tentang fotografi, namun juga menambah relasi pertemanan. Berulangkali MC acara ini mengatakan, “kita semua di sini untuk saling menemukan untuk saling mendukung potensi satu sama lain.” Dan hal itu benar! Percuma seorang perempuan penuh talenta bila seorang pun tak ada yang mengetahui potensinya.

Peserta workshop ditantang untuk berkenalan dengan peserta lain
Dyah Safitri mengajari cara editing dengan Snapseed

Setelah sesi networking selesai, sesi praktik foto pun dimulai. Peserta terlihat semakin akrab satu sama lain. Mereka saling berbincang, saling menata ulang obyek foto, dan dengan sabar saling bergantian memotret obyek di depan mata mereka. Praktik foto ini hanya berlangsung selama 45 menit dan dilanjutkan dengan editing foto lalu diunggah melalui akun instagram masing-masing. Suasana yang tadinya riuh berubah menjadi khidmat. Peserta sibuk mengedit foto dengan aplikasi di handphone mereka. Dyah Safitri yang berdiri di depan juga mendemokan bagaimana mengedit foto dengan aplikasi gratis yang ada di smartphone. Dyah mencontohkan editing dengan aplikasi Snapseed yang sangat mudah digunakan dengan hasil yang tidak bisa dilihat sebelah mata. Setelah 27 peserta mengunggah fotonya dengan hashtag #PPKXDysavitri , peserta pun dihimbau untuk berhenti upload dan juri menentukan tiga pemenang.

Pemenang dari konten foto pada event ini dipilih oleh juri dari committee Perempuan Punya Karya atas saran dari Dyah Safitri. Seru sekali karena ternyata hasil foto peserta workshop Basic Styling Photography Using Smartphone Camera ini bagus-bagus dan sempat membuat bingung juri. Menentukan yang terbaik dari setiap foto yang sudah diunggah benar-benar sulit. Akhirnya, ketiga pemenang dipanggil maju dan mendapatkan paket hadiah. Kali ini, paket hadiah disponsori oleh The Steddy yang merupakan brand pakaian rajut dari Solo, kaos kaki limited edition dari seniman Jogja, Rara Kuastra melalui brand-nya Tempa, dan tas enceng gondok yang sedang naik daun dari Halwa Indonesia.

Cupcake dari Desia Kitchen yang menjadi salah satu sponsor acara ini

Properti foto dari Dekorasi Kayu

Selain ketiga sponsor hadiah tersebut, event kelima Perempuan Punya Karya ini juga disponsori oleh brand Emina Cosmetics, Dekorasi Kayu, dan Desias Kitchen. Jadi, bukan hanya pemenang yang membawa pulang hadiah menarik karena setiap peserta pun mendapatkan goodie bag yang tidak kalah menarik.

Foto bersama setelah workshop selesai

Setelah sesi pembagian hadiah, acara pun ditutup dengan foto bersama. Bulan Desember nanti Perempuan Punya Karya akan mengadakan event keenamnya di Atrium Hartono Mall Yogyakarta. Buat kamu yang tertarik bergabung, pastikan untuk mengikuti info terupdatenya di instagram @perempuanpunyakarya ya!