Kiky Graini : Hobi yang jadi rezeki

Kiky Graini 1

Saat ini banyak wanita-wanita muda yang menjalani usahanya, tapi terkadang mereka hanya mengikuti tren saja dan terkesan musiman. Padahal sayang banget, daripada berharap-harap cemas soal pekerjaan bahkan jodoh lebih baik tetap melanjutkan apa yang sudah dimulai dan jangan berhenti.

Nah, apalagi di zaman yang serba maju sekarang ini, makin banyak peluang dan cara untuk wanita muda dapat menjalani usaha dan mencari penghasilan tambahan. Kini, banyak wanita aktif di Indonesia yang nggak mau ketinggalan dan cuma berpangku tangan, salah satunya wanita muda dan sukses seperti Frisky Anggraini Owner dari Laire Kembang.

Kiky Graini 2

Berawal dari hobi dan passion, wanita yang akrab disapa Kiky ini sukses dari bisnis craft dan handmade, seperti bantal dan boneka. Kiky memang tertarik pada dunia handmade khususnya flanel sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat itu, Kiky sering membuat pembatas buku disela-sela waktu lalu dijual pada teman-temannya. Tapi usahanya belum begitu mendapatkan perhatian, sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang teman, Id’ha Rohillaika, yang sama-sama hobi dengan pernak-pernik lalu bertekad untuk memulai suatu usaha.

Dengan semangat dan modal seadanya yang berasal dari tabungan sendiri, keduanya merintis usaha yang dinamai Helloblue pada akhir 2011. Berbagai produk unik di tawarkan di berbagai stan pameran di Yogyakarta maupun Jakarta. Keduanya merasa pameran tersebut sangat membantu untuk promosi produk Helloblue di luar Yogyakarta. Nggak hanya itu, bisnis duet wanita muda ini pun berhasil mendapatkan tawaran dari penerbit Tiga Serangkai untuk membuat buku seri Entrepreneurship untuk kerajinan yang terbit di tahun 2012 dengan judul Flanel, Panduan Bekreasi dan Berbisnis. Sampai pada akhirnya di tahun 2013 akhir keduanya memutuskan untuk berbisnis sendiri-sendiri. Wah… keren!

kikibannerSebelumnya, wanita yang berusia 29 tahun ini pernah bekerja di salah satu media di Jakarta selama tiga tahun. Bahkan pernah bekerja juga di salah satu bank. Tapi tetap saja, kecintaannya pada jahit-menjahit nggak pernah hilang dan tumbuh lagi. Kiky lalu memutuskan untuk pindah lagi ke Jogja dan memulai apa yang menjadi passionnya, yaitu jahit-menjahit.

Meski di awal kepindahan wanita yang hobby traveling ini sempat kurang mendapatkan dukungan dari orang tua ditengah dilemma untuk mencari pekerjaan lagi atau berwiraswasta tapi semangatnya tetap nggak pernah pudar untuk terus berkarya. Hingga pada akhirnya Kiky mampu membuktikan sekaligus membuat orangtuanya bangga dengan bisnis yang sedang dia tekuni sampai sekarang.

Kiky Graini 3

“Aku nggak punya modal tapi aku cuma punya semangat dan rasanya bahagia banget waktu ngerjain printilan-printilan yang aku suka seperti mendesain kain menjadi kreasi craft yang menarik,” kata wanita kelahiran Yogyakarta, 1 September 1986 lalu.

Meski usahanya berlokasi di Yogyakarta tapi sebagian besar kain untuk bahan dasar tak hanya diperoleh dari Pasar Tanah Abang bahkan sampai negara tetangga seperti Bangkok. Meski harus jauh-jauh tapi Kiky senang melakukannya karena baginya melihat kain dengan motif yang menarik bisa jadi penghilang rasa capeknya.

Kiky Graini 4

Produk yang dijual saat ini tak jauh dari motif bunga (kembang) karena memang pada dasarnya wanita yang suka banget sama sop bening plus tempe goreng ini cinta sama kain dengan motif kembang-kembang. Mulai dari boneka, bantal, tas, kaleng, dan berbagai macam pernak-pernik yang dibuatnya selalu tak lepas dengan tema shabby chic dan kembang-kembang tentu saja.

Saat ini, Kiky masih memasarkan usahanya dengan cara online di internet, khususnya lewat sosial media Instagram (@lairekembang). Tapi besar harapannya untuk mempunyai workshop sendiri supaya biar bisa belajar bersama teman-teman lain.

“Pengen punya workshop atau showroom biar bisa jadi tempat untuk teman-teman datang dan biar bisa lebih migunani dari apa yang sedang aku jalani,”jelas wanita yang hobi membersihkan kamar mandi ini. Hihi :p

Kiky Graini 5

Seperti halnya wirausaha lain yang kerap mengalami pasang surut, Kiky tetap yakin bahwa rezeki sudah diatur dan selalu ada jalan asalkan kita berusaha hal inilah yang membuatnya untuk tak pernah takut. Kegagalan pasi terjadi dalam dunia bisnis tapi tetap harus dievaluasi dan bersemangat lagi. Untuk lebih bersemangat dan rileks, Kiky biasanya melakukan hal-hal yang bisa membuatnya senang seperti perawatan atau traveling bersama teman-temannya.

Kiky Graini 6

Anyway, sukses bukan hanya tentang kamu mendapatkan uang yang banyak tapi juga support dari orang terdekat dan feedback positif dari customer yang selalu bisa membuatmu merasa bahagia dan semangat dalam menjalani bisnis apapun yang dilakukan. Nggak hanya itu, proses kreativitas yang selalu diasah hingga membanggakan orang sekitarnya rasanya jauh lebih berharga dari uang. That’s it!

Siapa bilang seorang wanita nggak bisa sukses di usia muda? Anything is possible. Do what you love and be happy!